Fakta Dibalik Hari Perempuan Sedunia

Fakta Dibalik Hari Perempuan Sedunia.

Fakta Dibalik Hari Perempuan Sedunia
Hari Perempuan Sedunia

Tahukah kamu dibalik hari perempuan sedunia? #kamuharustahu, mungkin sekarang banyak perempuan di dunia merayakan hari ini 8 Maret 2019 dengan berbagai prestasi yang sudah dicapai.

Namun tahukah kamu, fakta dibalik hari perempuan ini ? belum banyak orang yang mengetahui jika Hari Perempuan Internasional ini lahir dari sebuah tragedi kekerasan. Gagasan tersebut lahir di Kota New York, Amerika Serikat pada 8 Maret 1857.

Kala itu para buruh wanita dari pabrik garmen, melakukan unjuk rasa untuk memprotes kondisi buruk yang mereka alami, mulai dari diskriminasi hingga tingkat gaji yang tak setara dengan buruh laki-laki. Aksi demonstrasi itu tak berjalan damai. Aparat kepolisian bertindak represif dengan menyerang para demonstran perempuan itu untuk membubarkan aksi.

Dan peringatan Hari perempuan sempat ‘hilang’ pada masa 1910-20an. Peringatan ini baru kembali dihidupkan, berbarengan dengan bangkitnya feminisme pada era 60an. Di tahun 1974, PBB menyokong Hari Perempuan Internasional yang ditetapkan pada 8 Maret.

Salah satu faktor yang mendorong lahirnya Hari Perempuan Internasional ini juga berasal dari satu kejadian mengenaskan yang pernah menimpa buruh perempuan, pada sebuah kebakaran besar. Kejadian di Pabrik Triangle Shirtwaist tahun 1911 itu menewaskan setidaknya 123 nyawa buruh perempuan.

Latar belakang tersebut hendaknya menjadi motivasi tersendiri bagi kaum perempuan. Khususnya di Indonesia, sebagaimana dulu bangsa ini memiliki Kartini sebagai tokoh emansipasi perempuan yang sudah selayaknya dilajutkan oleh generasi penerus hingga akhir zaman.

Selamat Hari Perempuan Internasional, semoga kaum hawa tidak lagi dibatasi dalam berkarya di bidang apapun.

Tinggalkan Balasan